5 Manfaat Hobi Menulis bagi Dosen

Menulis adalah sebuah kegiatan dimana kita mencurahkan ide-ide kita ke atas kertas, Di jaman modern ini menulis juga bisa dilakukan dengan media komputer dan tidak memerlukan kertas sama sekali. Beberapa orang yang memiliki banyak ide dan inspirasi terkadang sangat senang mencurahkannya dalam bentuk tulisan. Akan tetapi, tahukah anda, ternyata hobi menulis memiliki banyak manfaat, terutama bagi Dosen atau guru loh. Penasaran apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

Manfaat Hobi Menulis

5 Manfaat Hobi Menulis bagi Dosen

1. Memudahkan dalam Mengejar Angka Poin Kredit

Manfaat hobi menulis bagi dosen yang pertama tentu saja membantu dosen untuk mendapatkan angka poin kredit. Cukup bermodalkan kemampuan menulis, dan sering menulis, entah buku, jurnal atau makalah, maka dapat mengajukan karya tersebut untuk pengajuan angka poin kredit. 

Siapa sih yang tidak ingin angka poin kredit seperti ini? Saya yakin hampir semua dosen dan guru ingin. Karena semakin banyak angka poin kredit yang dikumpulkan, semakin cepat naik jabatan dan gelar. Tidak hanya itu saja, dari sisi reputasi pun juga akan meningkat. 

Namun, dibalik dari manfaat hobi menulis bagi dosen untuk mendapatkan angka poin kredit, ada manfaat yang lebih besar yang mungkin luput. Yaitu, tulisan yang ditulis tetap memberikan sumbangsih kepada masyarakat terkait permasalahan yang ditulis. Setidaknya masyarakat atau pembaca dari hasil karya Anda tercerahkan. 

Sayangnya, realitas di lapangan banyak beberapa gelintir dosen/guru (tidak semua) yang demi mengejar angka poin kredit, akhirnya membeli jasa ghost writer untuk buku atau makalah mereka. Memang cara ini sangat disayangkan. Bagaimanapun juga, menulis itu hak kekayaan intelektual yang sayang jika Hak kekayaan intelektual dijual belikan dengan mudah seperti menjual beli gorengan. 

Disayangkan pula, orang yang berintelektual masih melakukan cara seperti itu. Bukankah lebih membanggakan dan memuaskan jika karya tulis tersebut hasil dari kerja keras keringat sendiri. Karena di sana ada rasa kepuasaan yang tidak dapat dijual belikan oleh apapun.

2. Memudahkan Mengerjakan Tugas Tesis

Manfaat hobi menulis bagi dosen atau guru yang sedang melanjutkan studi S2, ternyata hobi menulis sangat membantu dalam mengerjakan tugas tesis atau disertasi. Kepiawaian menulis inilah yang sangat membantu dalam menuangkan ide dan gagasan ke dalam sebuah tulisan. 

Coba bayangkan bagi mereka yang tidak memiliki hobi menulis? Menulis kata pengantar atau prolog pada tugas tesis/disertasi sudah pusing tujuh keliling. Jadi, buat Anda yang memang memiliki hobi ini bersyukurlah. Setidaknya Anda sudah memiliki rasa cinta menulis. Karena rasa cinta menulis inilah modal tidak mudah bosan dengan tema dan pembahasan apapun. 

Jika sudah cinta, sesulit apapun tema dan topic yang diambil. Akan terasa menyenangkan dan justru lebih menantang. Rasanya ingin segera menaklukan dan menyelesaikan. Sehingga ketika mengerjakan tesis atau disertasi tidak bisa lebih cepat karena Anda menikmatinya. Nah, barangkali ada yang mendekati disertasi atau tesis, berarti mulai sekarang mulai untuk mencintai menulis agar bisa merasakan manfaat hobi menulis satu ini. 

3. Memudahkan Mengerjakan Tugas Essay

Manfaat hobi menulis yang akan Anda rasakan. Ketika mengerjakan tugas dalam bentuk esai, tidak mengalami kesulitan yang berarti. Karena Anda sudah terbiasa menulis. Umumnya orang yang memiliki hobi menulis dalam menyampaikan gagasan dan pemikiran lebih tertata dan mudah dipahami secara tulisan. 

Sebaliknya, seseorang yang tidak pernah menulis sama sekali, akan kesulitan mengungkapkan dalam bentuk tulisan. Bukan berarti orang tersebut tidak memiliki gagasan, sebenarnya punya, bisa jadi lebih banyak gagasan orang tersebut. Tetapi karena keterbatasan keterampilan menulis inilah yang menjadi alasan. 

Kita tahu bahwa ada orang yang memiliki keterampilan berbicara. Ketika berbicara, gagasan dan pendapatnya lebih tereksplorasi. Sedangkan bagi yang tidak memiliki keterampilan berbicara, meskipun banyak ide gagasan, tetap saja akan merasakan kesulitan dalam menyampaikannya. Begitupun dengan keterampilan menulis. Jadi, bagi yang memiliki keterampilan dan hobi menulis, bersyukurlah. Setidaknya ketika masa tugas essai seperti ini akan banyak membantu.  

4. Memudahkan Menulis Jurnal Penelitian  

Manfaat hobi menulis bagi dosen yang paling sangat mendukung karir adalah membantu dalam penulisan jurnal penelitian. Menurut saya pribadi, melakukan penelitian dan mempublikasikan di dalam sebuah jurnal bereputasi itu bukan perkara mudah loh. Karena ada proses panjang yang harus dilakukan.

Jadi tidak sebatas menulis opini di surat kabar. Tetapi juga wajib melakukan sebuah penelitian. Di sinilah istimewanya dan kerennya menulis jurnal penelitian. Itu sebabnya, para peneliti inilah yang seharusnya mendapatkan sebuah apresiasi yang tinggi. Karena tidak hanya mengeluarkan tenaga dan waktu, tetapi juga pikiran dan uang. Bahkan, sering juga lebih banyak pengeluaran penelitian daripada pemasukan penelitian. 

Belum lagi syarat ketat memasukan jurnal bereputasi yang syarat dan ketentuannya sangat ribet dan ketat. Tidak semua dosen pun mampu dan bisa menembus jurnal bereputasi tersebut. Ada yang ditolak, padahal sudah melakukan penelitian. Nah, disinilah manfaat hobi menulis sangat dibutuhkan oleh dosen peneliti. 

Ditengah syarat dan pengumpulan data yang super padat dan ketat. Hobi menulis menjadi alasan untuk tetap menikmati proses. Saya pun yakin, tidak semua dosen atau guru yang melakukan penelitian bisa menikmati setiap prosesnya. Karena hanya mereka yang memiliki passion di dunia ini yang mampu survive dan bertahan di dunia yang sulit. 

Baca juga : Tips Membuat Judul Menarik

5. Mendapatkan Uang Tambahan

Manfaat hobi menulis bagi dosen juga bisa mendapatkan uang tambahan loh. Misalnya menerbitkan buku dari hobi menulis. Dari menerbitkan buku, pastinya penulis akan mendapatkan honor atau royalti dari penjualan buku tersebut. Tidak hanya ratusan ribu, tetapi bisa satu jutaan lebih. 

Angka uang seperti itu cukup untuk memberikan hadiah untuk istri di rumah biar tetap sumringah. Atau sekedar untuk membelikan hadiah camilan untuk anak-anak di rumah. Atau bisa juga untuk keperluan lain. Sebenarnya tidak hanya menulis buku saja yang bisa menghasilkan uang. Menulis penelitian pun juga bisa mendapatkan uang juga loh. 

Meskipun manfaat hobi menulis dapat menghasilkan uang, pastikan untuk tidak menjadikan hobi menulis untuk mendapatkan uang. Karena jika menjadikan uang sebagai tujuan, ketika realita di lapangan tidak mendapatkannya, akan menyesal dan putus asa. Karena uang hanya bonus atas kerja keras, dan tidak semua tulisan pun bisa menghasilkan uang. 

Justru menjadikan hobi menulis sebagai hobi lebih baik daripada menjadikan menulis sebagai sarana meraih tujuan memperoleh uang. Karena uang bukan segala-galanya, meski realitasnya segalanya membutuhkan uang. Setidaknya dengan tetap menjadikan sebagai hobi, akan lebih banyak manfaat hobi menulis daripada menulis sebagai ambisi yang ditonjolkan.

Semoga ulasan tentang manfaat hobi menulis bagi dosen dan guru ini bermanfaat dan memberikan semangat untuk menekuni hobi disela-sela waktu. Siapa tahu kamu salah satu yang merasakan manfaat hobi menulis ini di banyak aspek. Bagaimanapun juga, manfaat hobi menulis tidak sekedar beberapa poin di atas. Ada banyak lagi manfaat hobi menulis yang belum sempat di tuliskan. Misalnya, baik untuk kesehatan, menjadikan lebih awet muda, tidak mudah stress dan memiliki relasi dari penerbit atau surat kabar.

 

Baca juga : Pengertian dan Contoh Kata Benda